Senin, 13 Juni 2011

JOIN NOW....

src= "http://www.bigextracash.com/images/happy_affiliate.png" border= "0"
title= "Cash from your website."
alt= "affiliate program" >

EARN MONEY FROM YOUR WEBPAGE


Turn your valuable website traffic into money.
Work online and join our free money making partner program.
We offer the most pay-per-click rate to help increase your
cash stream.

Join our revenue making program absolutely free and 100% risk free.


Sign Up...

Mountain a constant stream of cash


Our make money program
enables you to establish a constant stream
of income, all around the clock.
Giving you more time to focus on other tasks.

You'll even receive profit while you not working!

FREE INVESTMENT PROGRAM


We created this money earn program
specially for NO SETUP FEE methods,
to make hundreds, if not millions of dollars, without spending money.

Begin collecting serious partner income


Our money making program really
can make you money on the same day.
Start receiving serious partner revenue with
almost no effort at all. This is a serious revenue
opportunity, the chance for you to build a steady, reliable,
long-time profitable business.
Bienvenue │ AliveMax Become a member of the #1 AliveMax team in the world. An opportunity to build an online business distributing the next generation range of AliveMax health and nutritional products from home.

Selasa, 07 Juni 2011

LAPORAN TUGAS AKHIR PROGRAM


KASUS
Hari ini Ibu Dwi, mengajar kelompok B pada TK Negeri Pembina Kota Besi. Ibu Dwi merencanakan kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan sosial anak dalam kehidupan, Ibu Dwi menggunakan balok sebagai media pembelajaran.
Tema kegiatan pada hari ini yaitu “Lingkunganku”. Di awal kegiatan Ibu Dwi membawa anak-anak menyanyikan lagu “Balonku ada lima”. Kemudian Ibu Dwi menanyakan siapa anak yang tidak masuk. Pada hari ini jumlahnya 4 anak yang absen. Ibu Dwi juga menmyuruh seorang anak maju menghitung anak yang hadir jumlahnya ada 20 anak, kemudian bersama-sama Ibu Dwi menggabungkan anak yang absen dan yang hadir jumlahnya ada 24 anak.
Pada kegiatan inti, Ibu Dwi memberi tugas pada anak untuk secara individual menghitung jumlah balok yang telah disediakan kemudian anak disuruh mengalompokkan balok yang ukurannya kecil dan yang ukurannya besar sampai tiba waktu istirahat balok-balok dikumpulkan kembali.
Setelah selesai istirahat, Ibu Dwi mengajak anak-anak menirukan syair “Rumahku Indah” menyanyikan lagu anak-anak dan berdoa untuk pulang.




Penskoran

No.
Aspek/Konsep yang dinilai
Skor
Nilai Tutor
1.
Jika memperhatikan kasus di atas  maka strategi pembelajaran yang dipilih dan dilaksanakan oleh Ibu Dwi tidak/belum tepat atau tidak/belum sesuai dengan kemampuan yang akan dicapai anak-anak yaitu meningkatkan keterampilan sosial.
Hal ini karena kegiatan pengembangan awal, inti dan akhir yang dilaksanakan Ibu Dwi pada hari itu tidak mengarah kepada penguasaan kemampuan yang akan dicapai anak melainkan lebih mengarah pada kegiatan kegiatan menghitung dan mengelompokkan benda secara individual.  
5


5

2.
Kekurangan strategi kegiatan pengembangan Ibu Dwi antara lain:
-    Kegiatan pembukaan yaitu lagu yang dinyanyikan tidak sesuai dengan tema
-    Kegiatan inti tidak sesuai dengan kemampuan yang akan dicapai

Kelebihan strategi kegiatan pengembangan Ibu Dwi :
-    Kegiatan awal: Ibu Dwi mengajak anak secara bersama-sama menghitung/ menggabungkan jumlah anak yang hadir dan yang absen
-    Kegiatan akhir mengucapkan syair yang sesuai tema
20

10
(2x5)



10
(2x5)

3.
Jika dilihat dari tema yang dipilih Ibu Dwi, maka sebagian besar kegiatan pengambangan dilakukan oleh Ibu Dwi belum sesuai dengan tema atau tidak menyangkut tema yang telah ditetapkan.
Kegiatan yang sesuai dengan tema adalah mengucapkan syair rumahku indah
2


3

4.
Jika saya menjadi Ibu Dwi maka kegiatan pengembangan yang sesuai dengan tema tersebut adalah :
Kegiatan pembukaan :
-    Berbaris, masuk kelas, dan bernyanyi lagu yang sesuai tema”sayang semua”
-    Mengabsen anak
-    Bercakap-cakap tentang tema misalnya tentang lingkungan keluarga/keluargaku
-    Praktek langsung melompat samping kanan dan kiri bersama-sama

Kegiatan inti :
-    Memberikan balok untuk bersama-sama membuat sebuah bangunan
-    Bermain dakon dua anak-dua anak
-    Mewarnai gambar rumah secara bersama-sama dalam satu gambar

Penutup
-    Mengajak anak-anak menirukan syair Rumahku Indah
-    Merangkum kegiatan pada hari itu
-    Menilai hasil karya mewarnai gambar
-    Mengulang menyanyi lagu “Sayang semua”
-    Berdoa
-    pulang
3





5





2




5.
Jika Ibu Dwi akan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) maka rancangan satu siklus, akan seperti berikut :
1.       Identifikasi Masalah :
-     Kegiatan sebagian besar tidak mengarah pada pencapaian kemampuan yang akan dicapai
-     Kegiatan sebagian besar tidak sesuai dengan tema

2.       Analisis Masalah :
-     Kegiatan inti dilaksanakan dengan cara individual seharusnya dilaksanakan dengan cara berkelompok atau kerjasama



3.       Perumusan Masalah :
Bagaimanapun meningkatkan keterampilan sosial anak melalui metode bermain dengan menggunakan balok pada siswa kelompok B TK Negeri Kota Besi

4.       Tujuan Perbaikan :
Untuk menciptakan kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan sosial anak melalui metode bermain dengan balok


RENCANA KEGIATAN
SKH Ke
Pembukaan
Inti
Penutup
1
-     Menyanyikan lagu tentang Lingkungan
-     Bercakap-cakap tentang tema hari ini
-     Praktek langsung melompat kesamping kanan dan kiri
-     Membentuk bangunan dengan menggunakan balok
-     Bermain dakon
-     Mewarnai gambar rumah bersama-sama dalam satu gambar
-     Mengucapkan syair tentang lingkungan , judul “Rumahku Indah”


SATUAN KEGIATAN HARIAN I (HARI PERTAMA)
Kelompok                 : B
Tema/Subtema       : Bintang
Minggu                     : 1/1

Hari/
Tgl
Indikator
Kegiatan
Alat dan Bahan
Penilaian
Perk. Anak
KBM
Selasa,
10 Mei 2011

-     Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
-     Selalu memberi salam dan membalas salam
-     Menyanyikan 20 lagu anak-anak
-     Menjawab pertanyaan sederhana
-     Melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki




-     Membilang dengan menunjuk benda dari 1 – 10
-     Membuat bentuk bangunan dari balok

-     Mewarnai bentuk gambar dengan berbagai media

-     Berdoa sebelum dan sesudah memulai kegiatan
-     Membersihkan diri sendiri tanpa bantuan


-     Menirukan kembali 4-5 urutan kata
-     Menjawab pertanyaan sederhana


-     Menyanyikan 20 lagu anak-anak
-     Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
-     Memberi dan membalas salam
I.        Pembukaan
-    Berdoa

-    Menucapkan salam

-    Menyanyikan bintang kecil
-    Bercakap-cakap tentang tema hari ini
-    Praktek langsung melompat kesamping kanan dan samping kiri

II.      Inti
-    Bermain dakon atau emenghitung anak dakon
-    Membuat bentuk bangunan dari balok
-    Mewarbai gambar rumah

III.     Istirahat
-    Berdoa,


-    Cuci tangan, makan, bermain

IV.    Penutup
-    Mengucapkan syair “Rumahku Indah”
-    Bercakap-cakap tentang kegiatan yang telah dilaksanakan
-    Menyanyikan lagu “Sayang semua”
-    Berdoa

-    salam







Gambar anggota keluarga






Dakon


Balok


Pensil warna, gambar rumah





SKENARIO PERBAIKAN

Tujuan Perbaikan :
Untuk menciptakan kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan sosial anak melalui metode bermain dengan balok.

Siklus            : I
Hari/tanggal          : Selasa 10 Mei 2011
Hal yang perlu diperbaiki/ditingkatkan :
1.       Kegiatan Pengembangan :
Kegiatan yang dilaksanakan secara individual dirubah menjadi secara berkelompok

2.       Pengelolaan Kelas    
Sebaiknya penataan ruang diubah sebaik mungkin untuk memberikan suasana baru sehingga anak tidak merasa bosan dan juga terdapat area kosong untuk anak melaksanakan kegiatan bermain dakon, bermain balok dan mewarnai.


LANGKAH-LANGKAH PERBAIKAN
1.  Kegiatan Perbaikan :
Kegiatan anak yang secara individual dirubah menjadi secara berkelompok/ bekerja sama, pada kegiatan inti yang pertama anak bermain dakon
Langkah-langkah Perbaikan :
-          Guru membagikan setiap dua anak satu buah dakon
-          Guru meminta anak untuk memainkan dakon
-          Secara bergainbtian anak-anak mengisi lubang dakon dengan anak dakon sesuai dengan aturan yang telah disepakati
-          Guru mengamati anak yang sedang bermain      
2.  Kegiatan Perbaikan :
Kegiatan anak yang dilaksanakan secara individual dirubah secara berkelompok. Pada kegiatan inti yang kedua yaitu membentuk sebuah bangunan dari balok.
Langkah-langkah Perbaikan :
-          Guru membentuk anak-anak untuk berkelompok, kemudian guru membagikan dari keranjang balok setiap satu kelompok
-          Anak-anak diminta untuk membuat 1 buah bangunan dalam satu kelompok
-          Guru mengamati anak yang sedang bekerja
3.  Kegiatan Perbaikan :
Kegiatan anak yang dilaksanakan secara individual dirubah menjadi secara berkelompok. Pada kegiatan inti ketiga yaitu mewarnai gambar rumah
Langkah-langkah Perbaikan :
-          Guru membentuk anak-anak berkelompok
-          Guru membagikan saru gambar rumah dalam satu kelompok dan satu buah pensil warna setiap anak
-          Guru meminta anak-anak untuk mewarnai gambar rumah tersebut secara bersama-sama
-          Guru mengamati anak-anak yang sedang bekerja
-          Setelah selesai guru mengumpulkan gambar tersebut.


4.  Pengelolaan Kelas
Sebaiknya penataan ruang diubah sebaik mungkin untuk memberikan suasana baru sehingga anak tidak merasa bosan dan juga terdapat area kosong untuk anak melaksanakan kegiatan: bermain dakon, bermain balok dan mewarnai



10


2



2







2




2









2






10



















5




5





20





















JUMLAH
100