KASUS
Hari ini Ibu Dwi, mengajar kelompok B pada TK Negeri Pembina Kota Besi. Ibu Dwi merencanakan kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan sosial anak dalam kehidupan, Ibu Dwi menggunakan balok sebagai media pembelajaran.
Tema kegiatan pada hari ini yaitu “Lingkunganku”. Di awal kegiatan Ibu Dwi membawa anak-anak menyanyikan lagu “Balonku ada lima”. Kemudian Ibu Dwi menanyakan siapa anak yang tidak masuk. Pada hari ini jumlahnya 4 anak yang absen. Ibu Dwi juga menmyuruh seorang anak maju menghitung anak yang hadir jumlahnya ada 20 anak, kemudian bersama-sama Ibu Dwi menggabungkan anak yang absen dan yang hadir jumlahnya ada 24 anak.
Pada kegiatan inti, Ibu Dwi memberi tugas pada anak untuk secara individual menghitung jumlah balok yang telah disediakan kemudian anak disuruh mengalompokkan balok yang ukurannya kecil dan yang ukurannya besar sampai tiba waktu istirahat balok-balok dikumpulkan kembali.
Setelah selesai istirahat, Ibu Dwi mengajak anak-anak menirukan syair “Rumahku Indah” menyanyikan lagu anak-anak dan berdoa untuk pulang.
Penskoran
No. | Aspek/Konsep yang dinilai | Skor | Nilai Tutor | |||||||||||||||||||||||||||||
1. | Jika memperhatikan kasus di atas maka strategi pembelajaran yang dipilih dan dilaksanakan oleh Ibu Dwi tidak/belum tepat atau tidak/belum sesuai dengan kemampuan yang akan dicapai anak-anak yaitu meningkatkan keterampilan sosial. Hal ini karena kegiatan pengembangan awal, inti dan akhir yang dilaksanakan Ibu Dwi pada hari itu tidak mengarah kepada penguasaan kemampuan yang akan dicapai anak melainkan lebih mengarah pada kegiatan kegiatan menghitung dan mengelompokkan benda secara individual. | 5 5 | | |||||||||||||||||||||||||||||
2. | Kekurangan strategi kegiatan pengembangan Ibu Dwi antara lain: - Kegiatan pembukaan yaitu lagu yang dinyanyikan tidak sesuai dengan tema - Kegiatan inti tidak sesuai dengan kemampuan yang akan dicapai Kelebihan strategi kegiatan pengembangan Ibu Dwi : - Kegiatan awal: Ibu Dwi mengajak anak secara bersama-sama menghitung/ menggabungkan jumlah anak yang hadir dan yang absen - Kegiatan akhir mengucapkan syair yang sesuai tema | 20 10 (2x5) 10 (2x5) | | |||||||||||||||||||||||||||||
3. | Jika dilihat dari tema yang dipilih Ibu Dwi, maka sebagian besar kegiatan pengambangan dilakukan oleh Ibu Dwi belum sesuai dengan tema atau tidak menyangkut tema yang telah ditetapkan. Kegiatan yang sesuai dengan tema adalah mengucapkan syair rumahku indah | 2 3 | | |||||||||||||||||||||||||||||
4. | Jika saya menjadi Ibu Dwi maka kegiatan pengembangan yang sesuai dengan tema tersebut adalah : Kegiatan pembukaan : - Berbaris, masuk kelas, dan bernyanyi lagu yang sesuai tema”sayang semua” - Mengabsen anak - Bercakap-cakap tentang tema misalnya tentang lingkungan keluarga/keluargaku - Praktek langsung melompat samping kanan dan kiri bersama-sama Kegiatan inti : - Memberikan balok untuk bersama-sama membuat sebuah bangunan - Bermain dakon dua anak-dua anak - Mewarnai gambar rumah secara bersama-sama dalam satu gambar Penutup - Mengajak anak-anak menirukan syair Rumahku Indah - Merangkum kegiatan pada hari itu - Menilai hasil karya mewarnai gambar - Mengulang menyanyi lagu “Sayang semua” - Berdoa - pulang | 3 5 2 | | |||||||||||||||||||||||||||||
5. | Jika Ibu Dwi akan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) maka rancangan satu siklus, akan seperti berikut : 1. Identifikasi Masalah : - Kegiatan sebagian besar tidak mengarah pada pencapaian kemampuan yang akan dicapai - Kegiatan sebagian besar tidak sesuai dengan tema 2. Analisis Masalah : - Kegiatan inti dilaksanakan dengan cara individual seharusnya dilaksanakan dengan cara berkelompok atau kerjasama 3. Perumusan Masalah : Bagaimanapun meningkatkan keterampilan sosial anak melalui metode bermain dengan menggunakan balok pada siswa kelompok B TK Negeri Kota Besi 4. Tujuan Perbaikan : Untuk menciptakan kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan sosial anak melalui metode bermain dengan balok RENCANA KEGIATAN
SATUAN KEGIATAN HARIAN I (HARI PERTAMA) Kelompok : B Tema/Subtema : Bintang Minggu : 1/1
SKENARIO PERBAIKAN Tujuan Perbaikan : Untuk menciptakan kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan sosial anak melalui metode bermain dengan balok. Siklus : I Hari/tanggal : Selasa 10 Mei 2011 Hal yang perlu diperbaiki/ditingkatkan : 1. Kegiatan Pengembangan : Kegiatan yang dilaksanakan secara individual dirubah menjadi secara berkelompok 2. Pengelolaan Kelas Sebaiknya penataan ruang diubah sebaik mungkin untuk memberikan suasana baru sehingga anak tidak merasa bosan dan juga terdapat area kosong untuk anak melaksanakan kegiatan bermain dakon, bermain balok dan mewarnai. LANGKAH-LANGKAH PERBAIKAN
| 10 2 2 2 2 2 10 5 5 20 | | |||||||||||||||||||||||||||||
| JUMLAH | 100 | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar