Selasa, 10 Mei 2011

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 1
(APKG-PKP 1)
LEMBAG PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN

NAMA MAHASISWA :
N I M :
TEMPAT MENGAJAR :
KELAS/KB/TPA :
TEMA :
SIKLUS :
WAKTU :
TANGGAL :

PETUNJUK
Bacalah dengan cermat SKH/RK Perbaikan dan Skenario Perbaikan Pembelajaran yang akan digunakan oleh guru /mahasiswa untuk mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
A. SKH/RK Perbaikan
1. Merumuskan/menentukan indikator perbaikan pembelajaran dan menentukan kegiatan perbaikan
1.1 Merumuskan indikator perbaikan kegiatan pengembangan
1.2 Menentukan kegiatan perbaikan yang sesuai dengan masalah yang diperbaiki
1

2


3

4

5

Rata-rata butir 1 = A

2. Menentukan alat dan bahan yang sesuai dengan kegiatan perbaikan
2.1 Menentukan alat yang akan digunakan dalam perbaikan kegiatan pengembangan
2.2 Menentukan bahan yang akan digunakan dalam perbaikan kegiatan pengembangan dengan materi perbaikan



Rata-rata butir 2 = B
B. Skenario Perbaikan
3. Menentukan tujuan perbaikan, hal-hal yang harus diperbaiki, dan langkah-langkah perbaikan
3.1 Menentukan Tujuan Perbaikan
3.2 Menentukan hal-hal yang harus diperbaiki
3.3 Menuliskan langkah-langkah perbaikan

Rata-rata butir 3 = C

4. Merencanakan pengelolaan kelas perbaikan kegiatan pengembangan
4.1 Menentukan penataan ruang kelas
4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian anak agar anak dapat berpartisipasi dalam perbaikan kegiatan pengembangan

Rata-rata butir 4 = D
5. Merencanakan alat dan cara penilaian perbaikan kegiatan
5.1 Menentukan alat penilaian perbaikan kegiatan pengembangan
5.2 Menantukan cara penilaian perbaikan kegiatan pengembangan

Rata-rata butir 5 = E
6. Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran
6.1 Keindahan, kebersihan dan kerapian
6.2 Penggunaan bahasa tulis


Rata-rata butir 6 = F




Nilai APKF 1 = R
R= A+B+C+D+E+F

6
Sampit, 5 Mei 2011


PENILAI I PENILAI II
TEMAN SEJAWAT KEPALA SEKOLAH TK NEGERI PEMBINA



MULYATI JUMIATUNNUR, S.Pd. SD
NIM. NIP. 19591114 198401 2 001



ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 2
(APKG-PKP 2)
LEMBAG PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN

1. NAMA GURU/MAHASISWA :
2. N I M :
3. SEKOLAH :
4. KELAS/KB/TPA :
5. TEMA :
6. SIKLUS KE :
7. WAKTU :
8. TANGGAL :

PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat kegiatan pengembangan yang sedang berlangsung.
2. Pusatkanlah perhatian Mahasiswa pada kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pengembangan serta dampaknya pada diri anak.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4. Khusus butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam kegiatan npengembangan, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan kegiatan yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.

1. Menata ruang dan sumber belajar serta melaksanakan tugas rutin
1.1 Menata ruang dan sumber belajar sesuai perbaikan kegiatan
1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas sesuai perbaikan kegiatan
1

2


3

4

5

Rata-rata butir 1 = A

2. Melaksanakan perbaikan kegiatan
2.1 Melaksanakan pembukaan kegiatan sesuai perbaikan kegiatan pengembangan
2.2 Melaksanakan kegiatan pengambangan yang sesuai dengan tujuan perbaikan, anak, situasi, dan lingkungan
2.3 Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, anak, situasi, dan lingkungan
2.4 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan dalam urutan yang logis
2.5 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengambangan secara individual, kelompok atau klasikal
2.6 Mengelola waktu kegiatan perbaikan secara efisien
2.7 Melaksanakan penutupan kegiatan sesuai dengan perbaikan kegiatanh pengembangan




Rata-rata butir 2 = B


3. Mengelola interaksi kelas
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan perbaikan kegiatan pengembangan
3.2 Menangani pertanyaan dan respon anak
3.3 Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan gerakan badan
3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan anak
3.5 Memantapkan kompetensi anak saat perbaikan kegiatan pengembangan



Rata-rata butir 3 = C

4. Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengambangkan sikap positif anak terhadap kegiatan bermain sambil belajar
4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh pengertian, dan sabar kepada anak
4.2 Menunjukkan kegairahan dalam membimbing
4.3 Mengambangkan hubungan antar pribadi yang shat dan serasi
4.4 Membantu anak menyadari kelebihan dan kekurangannya
4.5 Membantu anak menumbuhkan kepercayaan diri



Rata-rata butir 4 = D
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan kegiatan pengembangan
5.1 Menggunakan pendekatan tematik
5.2 Berorientasi pada kebutuhan anak
5.3 Menggunakan prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain
5.4 Menciptakan suasana kegiatan yang kreatif dan inovatif
5.5 Mengembangkan kecakapan hidup




Rata-rata butir 5 = E

6. Melaksanakan penilaian selama proses perbaikan kegiatan pengembangan
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses kegiatan pengambangan sesuai dengan perbaikan kegiatan
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir kegiatan sesuai perbaikan kegiatan pengembangan


Rata-rata butir 6 = F

7 Kesan umum pelaksanaan perbaikan kegiatan pengambangan
7.1 Keefektifan proses perbaikan kegiatan pengembangan
7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan



7.3 Peka terhadap ketidaksesuaian berbahasa anak
7.4 Penampilan guru dalam perbaikan kegiatan pengambangan
Rata-rata butir 7 = G




Nilai APKG PKP 2 =
R=
A+B+C+D+E+F+G

7 Sampit, 5 Mei 2011


PENILAI I PENILAI II
TEMAN SEJAWAT KEPALA SEKOLAH TK NEGERI PEMBINA



MULYATI JUMIATUNNUR, S.Pd. SD
NIM. NIP. 19591114 198401 2 001

Tidak ada komentar:

BELAJAR KOSA KATA BAHASA JEPANG