Jumat, 20 Mei 2011

METODE PENELITIAN


BAB III
METODE PENELITIAN

A.   Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini direncanakan dilaksanakan di SD Muhammadiyah Sampit yang berada di Jalan Pelita Timur Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.  Penelitian ini direncanakan selesai dalam 3 bulan, dimana kegiatan penelitian meliputi pengumpulan dan pengolahan data, penyajian dan interpretasi data yang telah diolah serta pelaporan.

B.   Pendekatan dan Subjek Penelitian
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang dalam pengumpulan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian.  Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif.  Pendekatan kualitatif merupakan suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami (Ary, 1982:159). Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Objek dari penelitian yang penulis lakukan adalah problematika pembelajaran bahasa Arab bagi murid kelas IV dan V di SD Muhammadiyah Sampit.   Adapun subjek penelitiannya adalah:
1. Kepala Sekolah, yakni Triyono, A.Ma.Pd.  Dari kepala sekolah diperoleh informasi (data) secara akurat mengenai gambaran umum SD Muhammadiyah Sampit, yang meliputi sejarah berdirinya, letak geografis, visi dan misi, serta gambaran mengenai pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Sampit
2. Guru Bahasa Arab, yaitu Mattohir, SS.  Guru bahasa Arab merupakan pihak yang berkaitan langsung dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab. Dari guru bahasa Arab akan diperoleh data mengenai permasalahan, pelaksanaan pembelajaran serta solusi yang telah ditempuh guna mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Arab bagi pemula yang diterapkan di SD Muhammadiyah Sampit
3. Siswa. Siswa merupakan pihak yang mendukung observasi dalam pembelajaran bahasa Arab.  Siswa yang akan diteliti adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Arab, yaitu siswa kelas IV dan V SD Muhammadiyah Sampit yang semua berjumlah 51 orang siswa.  Jadi, data diambil dengan cara sensus. Adapun lebih jelasnya secara umum data siswa kelas IV dan V adalah sebagai berikut :
TABEL 1
DATA SISWA KELAS IV DAN KELAS V
SD MUHAMMADIYAH SAMPIT

No
Kelas
Jenis Kelamin
Jumlah
Laki-laki
Perempuan
1.
2.
IV
V
11
15
14
11
25
26
Jumlah
26
25
51
 Sumber: Majelis Disdakmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sekolah Dasar Muhammadiyah Sampit laporan bulan September 2009

C.   Teknik Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data atau informasi yang dibutuhkan, maka penulis menggunakan metode sebagai berikut:
1. Kuesioner
Kuesioner/angket digunakan untuk mengumpulkan data dari pertanyaan yang bersifat tertutup. Pada penelitian ini, peneliti kuesioner/data menggunakan instrumen pengumpulan data (IPD) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi problematika dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas IV dan V SD Muhammadiyah Sampit.  Daftar pertanyaan kuesioner disajikan pada Lampiran 1
2.   Wawancara
Wawancara adalah teknik pengumpulan data melalui proses tanya jawab lisan yang berlangsung satu arah, artinya pertanyaan datang dari pihak yang mewawancarai dan jawaban diberikan oleh yang diwawancara (Fathoni, 2006:105). Metode ini penulis gunakan sebagai metode pengumpulan data dengan jalan tanya jawab, baik dengan kepala sekolah, dan guru bahasa Arab. Pandaun wawancara tersebut disajikan pada Lampiran 2.
3.   Dokumentasi
Menurut Arikunto (2006: 188), dokumentasi adalah metode mencari data mengenai hal-hal atau variabel berupa catatan, traskrip, prasasti, buku, surat kabar, majalah, dan sebagainya. Metode dokumentasi ini penulis gunakan untuk memperoleh data dari dokumen-dokumen atau arsip-arsip yang ada di lokasi penelitian, seperti halnya sejarah berdirinya, letak geografis, keadaan guru dan karyawan, keadaan siswa serta sarana dan prasarana yang ada di lokasi tersebut. Hal-hal yang akan didokumentasikan pada penelitian ini disajikan pada lampiran 3.
4.   Observasi
Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui suatu pengamatan, dengan disertai pencatatan terhadap keadaan atau perilaku objek sasaran (Fathoni, 2006: 104). Metode ini digunakan untuk memperoleh data yang berhubungan dengan proses belajar mengajar bahasa Arab, minat siswa dalam menanggapi pelajaran bahasa Arab, permasalahan siswa dalam mempelajari bahasa Arab, upaya guru dalam pengajaran bahasa Arab, dan untuk mengetahui keadaan dan letak goegrafis SD Muhammadiyah Sampit. Rincian objek yang akan diobservasi disajikan pada lampiran 4.

D.   Pengabsahan Data
Untuk memperoleh data yang absah, penulis mengunakan 5 cara sebagaimana disarankan oleh Qodir (1999; 76-78), yaitu:
1.    Valid, yaitu menunjukkan derajat ketepatan antara data yang terjadi pada kancah Perpanjangan pengamatan, peneliti diharapkan melakukan pengecekkan ulang terhadap dari data yang diperoleh dari sumber data
2.    Kasus negatif, data yang diperoleh dari suatu sumber bertentangan dengan  data yang disampaikan (objek) dengan data yang dikumpulkan oleh peneliti
3.    oleh sumber lain.  Hal ini justru digunakan oleh peneliti untuk pengecekan keabsahan data itu sendiri
4.    Teman sejawat, data yang diperoleh sebaiknya dipresentasikan dihadapan peneliti lainnya
5.    Member cheb, yaitu hasil penelitian yang diperoleh lalu disampaikan kembali kepada sumber dimana data itu diperoleh.

E.  Metode Analisis Data
Metode analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan makna data atau fenomena yang dapat ditangkap oleh peneliti dengan mengajukan bukti-buktinya baik melalui observasi, interview/wawancara ataupun dokumentasi (Ary,1982: 161).
Agar data yang terkumpul sesuai dengan kerangka kerja atau fokus permasalahan penulis, maka dalam menganalisa data penulis menggunakan teknik triangulasi data. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data hasil wawancara dengan subjek utama (guru bahasa Arab dan siswa kelas IV dan V SD Muhammadiyah Sampit, dan subjek penunjang, yaitu kepala sekolah SD Muhammadiyah Sampit. Dalam mencari data penulis akan mengakumulasikan pendapat dari beberapa subjek. Selain itu, teknik ini juga digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan data yang diperoleh dari hasil observasi atau dengan melihat dokumen-dokumen yang ada. Jika terdapat kesamaan terhadap data yang diperoleh maka dapat diambil kesimpulan secara langsung. Namun jika terdapat perbedaan antara subjek yang satu dengan yang lain dalam suatu masalah tertentu maka data tersebut akan dianalisis secara objektif sehingga diperoleh data yang valid.  
Triangulasi data yang penulis pergunakan tersebut yakni meliputi:
  1. Reduksi Data
Reduksi data adalah proses memilih, menyederhanakan, memfokuskan, mengabstraksi dan mengubah data kasar ke dalam catatan lapangan (Ary, 1982: 167).  Dalam penelitian yang penulis lakukan, data yang direduksi adalah data yang terkait dengan problematika pembelajaran bahasa Arab bagi pemula dan upaya-upaya yang telah ditempuh oleh guru dan kepala sekolah serta siswa yang bersangkutan dalam mengatasi problematika tersebut
  1. Display Data
Display adata adalah suatu cara merangkai data dalam suatu organisasi yang memudahkan untuk pembuatan kesimpulan dan/tindakan yang diusulkan Ary, 1982: 167). Dengan demikian, display data yang dimaksudkan adalah sekumpulan informasi dalam bentuk teks naratif yang telah disusun, diatur, dan diringkas dalam bentuk kategori-kategori sehingga makna yang terkandung di dalamnya mudah dipahami.  Dalam penelitian, data yang disajikan adalah data yang terkait dengan strategi pembelajaran bahasa Arab bagi pemula yang diantaranya yaitu:
(1)      Proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab
(2)      Problematika yang melingkupi pada pembelajaran tersebut
(3)      Solusi yang mungkin dapat ditawarkan untuk menyelesaikan problematika yang terjadi.
  1.  Kongklusi
Adalah menarik kesimpulan. Dari reduksi data dan penyajian data yang dilakukan oleh peneliti maka dapat ditarik kesimpulan bahwa data yang nantinya penulis peroleh dan penulis deskripsikan dalam skripsi ini adalah mengenai gambaran proses pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Sampit yang di dalamnya terdapat penerapan-penerapan strategi dalam pengajaran bahasa Arab, baik tentang strategi yang dominan, juga alasan atau dasar pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran bahasa Arab oleh guru bahasa Arab di SD Muhammadiyah Sampit.
Setelah reduksi data, display data dan konklusi dilakukan, maka dibutuhkan deskripsi analisis data. Untuk melakukan deskripsi analisis data, maka peneliti menggunakan metode berpikir:
(1) Deduktif, yaitu metode berpikir yang berangkat dari kebenaran yang bersifat umum kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus
(2) Induktif, yaitu metode berpikir yang dimulai dari pengetahuan yang bersifat khusus. Dengan kata lain kesimpulan diambil dari fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian digeneralisasikan (Hadi, 2001:42).

Tidak ada komentar: