Jumat, 22 April 2011

proposal program tv

PROPOSAL PROGRAM
ACARA DIALOG INTERAKTIF “CAHAYA QOLBU”
SSTV SAMPIT

LATAR BELAKANG
D
alam struktur kehidupan masyarakat yang disibukkan dengan berbagai aktifitas kerja biasanya diikuti pula dengan semakin melemahnya nilai-nilai agama yang tertanam dalam sendi kehidupan sehari-hari. Hal ini sangat lumrah mengingat aktifitas kerja yang demikian sibuk, menyita waktu dan perhatian tersendiri sehingga tanpa disadari ada bagian lain dari penopang kebahagiaan hidup ini yang terlupakan, yakni bentuk kebahagiaan yang hanya dapat diperoleh dengan ketenangan dan ketentraman spiritual. Itulah bagian peran agama yang seharusnya juga menjadi bagian penting dalam menciptakan keseimbangan hidup antara kebahagiaan material dan kebahagiaan spiritual.
Tentu saja jika aktifitas yang terlalu sibuk tidak diimbangi dengan penguatan nilai-nilai spiritual, maka kondisi kehidupan manusia juga akan mengalami goncangan dan ketidaktentraman. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pelanggaran-pelanggaran sosial (a-susila) yang dilakukan masyarakat dalam banyak bidang kehidupan. Misalnya; kriminalitas, pergaulan bebas, pelanggaran HAM, judi, narkoba, bahkan juga seperti akhir-akhir ini yang banyak terjadi dimasyarakat yakni kasus bunuh diri sebagai akibat kurangnya pegangan hidup karena rendahnya pengetahuan ilmu agama yang dimiliki.
Swara Sampit Televisi (SSTV) sebagai lembaga penyiaran yang berada dilingkup daerah Kotawaringin Timur merasa tergerak untuk menyiarkan program acara dialog keagamaan secara interaktif yang dibingkai dalam acara “CAHAYA QOLBU” sebagai bagian usaha ikut serta mengurangi pelanggaran-pelanggaran sosial melalui penayangan program acara yang bersifat penambahan ilmu pengetahuan seputar keagamaan. Alasan utama terpilihnya program ini adalah mengingat bahwa sebagai kabupaten yang tergolong aktif dalam tingkat pertumbuhan usaha dan perusahaan, masyarakat kotim secara umum hidup dalam tingkat kesibukan yang cukup tinggi dibanding beberapa daerah setingkat kabupaten yang lain. Fenomena ini dapat dilihat dari kesibukan kota sejak pagi hari sampai malam hari. Struktur hidup masyakarat yang sebagian besar bekerja di sektor usaha perdagangan, industri jasa, dan perkebunan, menjadikan masyarakat hidup dalam tingkat kesibukan yang lebih tinggi dibanding dengan daerah dengan mayoritas bekerja sebagai petani.
Akan tetapi, sebagaimana disampaikan dalam paragraf awal, keadaan ini disisi lain juga memiliki efek negatif yang cukup merisaukan jika terus berlarut tanpa diimbangi dengan penguatan nilai-nilai moral keagamaan.
Dengan demikian keberadaan program acara “CAHAYA QALBU” yang dikemas dengan dialog interaktif ini diharapkan mampu menjembatani kekosongan spiritual ditengah kesibukan masyarakat yang ada saat ini.

KONSEP ACARA
P
rogram acara “CAHAYA QOLBU” dikemas secara life interaktif dalam nuansa yang santai, tapi mengena. Santai dimaksudkan bahwa acara ini dilaksanakan dalam tataruang yang nyaman, tidak konservatif dan monoton, dengan mengedepankan ruang dialog yang cair dan saling mengisi. Sedangkan mengena dimaksudkan bahwa meskipun terkesan sangat cair pembahasan tersebut akan difokuskan pada permasalahan yang diangkat dengan diarahkan oleh pemandu acara/Host. Adapun komponen yang akan dilibatkan dalam acara tersebut adalah:
a) Nara Sumber
Nara Sumber adalah seseorang yang ditunjuk untuk membawakan materi dan sebagai rujukan utama dalam dialog interaktif tersebut. Dalam program “CAHAYA QOLBU”, sebagai Nara Sumber akan diambil dari berbagai kalangan yang memiliki kompetensi di bidang pemahaman ilmu keagamaan. Seperti; Ulama, ustadz, akademisi, pimpinan Ormas Islam, pegawai Depag, pegawai Pengadilan Agama dan lainnya.
b) Pemandu Acara /Host
Host adalah seseorang yang ditunjuk sebagai pemandu acara. Host juga akan diambil dari berbagai kalangan yang selain memiliki kemampuan membawakan acara, juga memiliki pemahaman ilmu agama yang cukup. Hal ini dimaksudkan supaya dialog dapat berjalan dengan lancar, cair, dan terarah.
c) Audience
Audience yang akan dilibatkan dalam acara ini adalah pemirsa SSTV yang menyaksikan acara dari rumah dan peserta/penonton yang hadir di Studio.




d) Sistem Interaktif
Acara ini terbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama adalah penjabaran/pengantar awal materi yang akan dibawakan oleh Nara Sumber sampai kurang lebih 15 menit. Selanjutnya Host/Pemandu acara akan memberikan ulasan sekedarnya kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yakni dialog yang diawali dari peserta/penonton di Studio sebanyak 2 orang penanya/pemberi komentar. Berikutnya setelah terjadi proses tanya-jawab/tanggapan dan komentar, pada sesi ketiga Host akan membuka ruang dialog atau memunculkan beberapa permasalahan tertait dengan tema kepada pemirsa di rumah. Pemirsa dapat menyampaikan pertanyaan/komentarnya melalui jaringan telepon atau via SMS dengan nomor yang terhubung langsung di Studio.

WAKTU PELAKSANAAN
Program acara “CAHAYA QOLBU” akan dimulai pada tanggal Januari 2010 selama enam bulan sampai Juni 2010 yang disiarkan secara langsung (live) setiap hari Rabu malam (malam Kamis) mulai pukul 19.00 – 20.30 WIB. Bertempat di Studio SSTV Jl. Tidar I No. 1 Sampit.

PENANGGUNG JAWAB ACARA
Penanggung Jawab : Direktur SSTV
Pelaksana Acara : Agus Priadi
Kameraman 1 : Farid Mahyudinoor
Kameraman 2 : Andry Rizky Agustian
Transportasi : Ihsan, S.Sos
Humas dan perlengkapan : Budi Suroto
Pengarah Naskah/script : Khilmi Zuhroni, S.Fil.I
Pengarah lapangan : Noragi Zaini, ST
Tata Busana & Rias : Emy Rahmawati
Operator 1 : Budi Heriyanto, S.Kom
Operator 2 : Rahmat Hidayanto, S.Kom





ANGGARAN BIAYA

No Uraian Volume Satuan Biaya Jumlah
1 2 3 4 5 6
1 Sekretariat
Pembuatan Surat 40 Bundel 5.000 200.000
Penggandaan Proposal 20 Bundel 10.000 200.000
Biaya Listrik 24 tayang 40.000 960.000
2 Fee
Fee Nara Sumber 24 tayang 250.000 6.000.000
Fee Host 24 tayang 150.000 3.600.000
Fee Pelaksana 10 crew 750.000 7.500.000
3 Transportasi 24 tayang 50.000 1.200.000
4 Konsumsi Penonton di Studio 24 tayang 100.000 2.400.000
5 Dekorasi 24 tayang 50.000 1.200.000
6 Hadiah Hiburan 24 tayang 50.000 1.200.000
7 Biaya Busana dan Rias 24 paket 100.000 2.400.000
8 Biaya penayangan 24 kali 80.000 1.920.000
9 Biaya penyusutan alat 24 kali 20.000 480.000
10 Biaya Perizinan Tayang 24 kali 30.000 720.000
11 Biaya Lain-lain 24 tayang 20.000 480.000
Jumlah Rp 30.460.000
Tiga Puluh Juta Empat Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah




BENTUK KERJASAMA/SPONSORSHIP
1. Sponsor Tunggal adalah perusahaan/Instansi/perorangan yang sanggup membiayai 100% dari total biaya yang dianggarkan, atau senilai Rp. 30.460.000,00 (Tiga puluh juta empat ratus enam puluh ribu rupiah). Sponsor Tunggal akan memperoleh ruang promosi berupa :
a. Penayangan Produk/profil instansi/aktifitas perorongan sebanyak 6 kali @ 120 detik selama pelaksanaan program (6 bulan/24 kali tayang), dengan waktu penayangan diawal, pertengahan dan akhir setiap penayangan acara. Penayangan produk/profil/aktifitas dapat berupa rekaman video, foto slide, teks tertulis.
b. Menampilkan logo perusahaan/ profil instansi/aktifitas sebagai backgound selama pelaksanaan program acara.
c. Mendapat ucapan terimakasih yang disampaikan oleh Host dan Nara Sumber pada saat penayangan berlangsung.
d. Design interior menyesuaikan permintaan sponsor, dengan tetap mengacu pada tema yang diangkat.
e. Dapat mengajukan Nara Sumber sejauh memiliki kompetensi di bidang pengetahuan keagamaan.
2. Sponsor Utama adalah perusahaan/Instansi/perorangan yang sanggup membiayai 50% dari total biaya yang dianggarkan atau senilai Rp. 15.230.000,00 (Lima belas juta dua ratus tiga puluh ribu rupiah), dengan ketentuan jika ada perusahaan/Instansi/perorangan yang sanggup menjadi Sponsor Tunggal maka sponsor lain secara otomatis akan dibatalkan. Sponsor Utama akan memperoleh ruang promosi berupa :
a. Penayangan Produk/profil instansi/aktifitas perorongan sebanyak 5 kali @ 120 detik selama pelaksanaan program (6 bulan/24 kali tayang), dengan waktu penayangan diawal, pertengahan dan akhir setiap penayangan acara. Penayangan produk/profil/aktifitas dapat berupa rekaman video, foto slide, teks tertulis.
b. Menampilkan logo perusahaan/ profil instansi/aktifitas sebagai backgound selama pelaksanaan program acara.
c. Mendapat ucapan terimakasih yang disampaikan oleh Host dan Nara Sumber pada saat penayangan berlangsung.
d. Design interior menyesuaikan permintaan sponsor, dengan tetap mengacu pada tema yang diangkat.

3. Sponsor Pendamping adalah perusahaan/Instansi/perorangan yang sanggup membiayai 30% dari total biaya yang dianggarkan atau senilai Rp. 9.138.000,00 (Rp. Sembilan juta seratus tiga puluh delapan ribu rupiah) dengan ketentuan jika ada perusahaan/Instansi/perorangan yang sanggup menjadi Sponsor Tunggal maka sponsor lain secara otomatis akan dibatalkan. Sponsor Pendamping akan memperoleh ruang promosi berupa :
a. Penayangan Produk/profil instansi/aktifitas perorongan sebanyak 3 kali @ 100 detik selama pelaksanaan program (6 bulan/24 kali tayang), dengan waktu penayangan diawal, pertengahan dan akhir setiap penayangan acara. Penayangan produk/profil/aktifitas dapat berupa rekaman video, foto slide, teks tertulis.
b. Menampilkan logo perusahaan/ profil instansi/aktifitas sebagai backgound selama pelaksanaan program acara.
c. Mendapat ucapan terimakasih yang disampaikan oleh Host pada saat penayangan berlangsung.

4. Sponsor Hiburan adalah perusahaan/Instansi/perorangan yang memberikan hadiah-hadiah hiburan kepada pemirsa, dengan ketentuan jika ada perusahaan/Instansi/perorangan yang sanggup menjadi Sponsor Tunggal maka sponsor lain secara otomatis akan dibatalkan. Sponsor Hiburan dapat berupa Voucher belanja, uang, T-shirt, HP, kebutuhan alat rumah tangga, sepatu, sandal dan barang-barang lain yang dianggap pantas menurut ketentuan pelaksana. Sponsor Hiburan akan memperoleh ruang promosi berupa :
a. Dapat menampilkan produk sesuai dengan barang/jasa yang menjadi hadiah hiburan.
b. Mendapat ucapan terimakasih yang disampaikan oleh Host pada saat penayangan berlangsung.




PENUTUP
Demikian proposal ini dibuat sebagai bentuk penawaran kepada pihak perusahaan/ instansi/perorangan yang bersedia melakukan kerjasama sponsorship dalam pelaksanaan prorgam acara “CAHAYA QOLBU”.
Sampit, 10 November 2009
Managemen
Swara Sampit Televisi (SSTV)




khilmi zuhroni
manager program

Tidak ada komentar: